Cara Merawat Mobil Bekas agar Tetap Awet

Perawatan mobil bekas yang tepat merupakan langkah penting yang harus dilakukan oleh pemiliknya.




Bukan tanpa alasan, mengingat kondisi mobil bekas yang sedang dirawat tentunya menjadi salah satu hal yang akan mempengaruhi kondisi mobil secara keseluruhan.


Jika perhatian perawatan tidak cukup, maka secara otomatis kondisi mobil bekas juga akan menjadi kurang optimal.


Begitu juga jika Anda tidak memperhatikan mobil kedua yang mungkin baru saja Anda beli, akan menyebabkan kerusakan yang jauh lebih besar.


Perawatan Mobil Bekas


Apalagi jika Anda menyepelekan perawatan ringan yang mungkin merupakan aspek penting yang berkaitan atau erat kaitannya dengan kondisi performa mobil.


Nah, oleh karena itu, sangat perlu bagi Anda untuk mengetahui apa saja langkah yang tepat untuk merawat mobil second.


Untuk lebih jelasnya berikut ini Mas Sena akan memberikan informasi langkah-langkah merawat mobil bekas yang tepat dengan langkah-langkah sederhana yang bisa Anda coba secara mandiri.


Cara Merawat Mobil Second dengan Langkah Sederhana

Seperti disebutkan di atas, ada beberapa langkah sederhana dalam perawatan mobil bekas yang perlu Anda terapkan secara mandiri di rumah. Berikut penjelasan lengkapnya.


Cara merawat mobil kedua


Cuci Mobil Rutin

Pertama, sudah jelas bahwa agar mobil kedua Anda terlihat bersih dan terawat, Anda tentu perlu menjaga kebersihannya. Terutama pada bagian luar tubuh.


Bukan tanpa alasan, mengingat tampilan bodi yang terlihat bersih pada mobil bekas akan menambah pesona tersendiri.


Oleh karena itu, untuk mendapatkan penampilan tubuh yang lebih segar, Anda harus rutin mencuci mobil dengan langkah yang tepat.


Yakni dengan menggunakan sabun cuci mobil khusus secara rutin minimal seminggu sekali sebagai cara agar tubuh tetap terlihat bersih.


Selain itu, Anda juga perlu memberikan sentuhan khusus minimal 3 bulan sekali dengan membawanya ke salon mobil untuk merawat tubuhnya.


Cara ini tentunya merupakan langkah perawatan terbaik pada eksterior. Jadi, bisa dipastikan penampilannya akan selalu terjaga.


Selalu Periksa Kondisi Radiator Berpendingin

Selain itu, menjaga performa mobil agar selalu prima juga merupakan langkah merawat mobil bekas dari sisi engine base.


Diantaranya dengan selalu rutin memastikan kondisi cairan radiator selalu terisi penuh setiap saat.


Oleh karena itu, cairan radiator sangat dibutuhkan disini sebagai upaya menjaga kestabilan suhu mobil sekaligus mencegah terjadinya overheating.


Selalu gunakan cairan radiator khusus untuk menjaga proses kontrol suhu di mesin tetap maksimal.


Dimana, kamu bisa membelinya di toko-toko otomotif dengan berbagai varian harga. Namun, perlu diingat bahwa usahakan untuk membeli cairan radiator yang sesuai dengan spesifikasi atau rekomendasi pabrikan untuk mencegah masalah yang mungkin timbul akibat pemilihan cairan radiator yang salah.


Langkah ini merupakan salah satu aspek yang sangat perlu mendapat perhatian khusus. Sebab, jika cairan radiator mengalami penurunan kapasitas, maka proses pendinginan mesin mobil tidak akan bisa berjalan maksimal sebagaimana mestinya.


Di sinilah letak pentingnya memastikan bahwa cairan radiator selalu penuh untuk meminimalkan overheating akibat masalah pengurangan kapasitas cairan radiator.


Anda bisa melakukan pengecekan secara rutin minimal seminggu sekali. Ingat, terkadang mobil bekas tahun tua biasanya kehabisan radiator lebih cepat daripada mobil tahun baru.


Kontrol Kecepatan Saat Menyeberangi Jalan Rusak

Di sisi lain, untuk menjaga rangka dan kaki mobil tetap kuat, usahakan untuk selalu menjaga atau mengontrol kecepatan. Apalagi saat melewati jalan berlubang.


Hal ini tentunya sangat diperlukan agar sektor rangka dan kaki-kakinya tidak mudah rusak akibat salah berkendara di medan jalan bergelombang.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Mobil Bekas agar Tetap Awet"

SUBSCRIBE FOR EMAIL