Cara Merawat Cat Mobil agar Tidak Kusam

Punya mobil tapi bodi terlihat kusam? Meski sudah dibersihkan berkali-kali tapi cat body tetap tidak terlihat mengkilat?




Jika Anda sering mengalami kondisi ini, jangan bingung. Karena sebenarnya ada langkah lain yang cukup efektif untuk Anda lakukan sebagai langkah dalam upaya merawat cat mobil.


Setidaknya, untuk meminimalisir atau mengurangi dampak permasalahan pada eksterior mobil, terutama tampilan cat mobil itu sendiri.


Sebab, jika cat bodi mobil dibawa ke salon mobil, tentu akan mahal. Padahal, dengan rajin merawat cat bodi mobil dengan langkah sederhana, mobil Anda tetap bisa tampil maksimal.


Cara Mengkilap Cat Mobil


Lantas, apa saja langkah terpadu yang perlu dilakukan untuk merawat cat bodi mobil? Sulit, atau mudah?


Sebenarnya cara ini cukup mudah mengingat masih sebatas sebagai tindakan preventif atau pencegahan. Dengan kata lain, tips merawat cat body yang baik agar tetap mengkilat dan tidak mudah kusam.

 

Penasaran kan? Tidak perlu berlama-lama, yuk simak ulasan cara merawat cat mobil agar terlihat menarik dan tidak kusam.


Dalam proses pengaplikasiannya, dibutuhkan beberapa langkah agar cat mobil tetap mengkilap dan tidak kusam. Berikut penjelasan detailnya.


Cara Merawat Mobil Agar Berkilau


Cuci Mobil Biasa dengan Shampoo Kit

Sudah jelas dan pasti bahwa langkah pertama untuk menjaga agar cat mobil tetap mengkilap dan menarik adalah dengan mencuci mobil secara rutin. Setidaknya seminggu sekali.


Dalam pengaplikasiannya, Anda harus menggunakan sampo khusus cuci mobil. Hindari penggunaan detergen atau sabun lainnya karena berpotensi menimbulkan noda pada permukaan cat mobil saat mengering.


Langkah ini tentunya menjadi cara terpenting untuk menjaga tampilan cat mobil agar tetap prima dan menarik.


Namun, satu hal yang tidak bisa ditinggalkan, ketika Anda mencuci mobil, usahakan untuk mencucinya di tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari.


Sebab, ketika air sabun mengenai permukaan cat mobil, akan memicu munculnya bintik-bintik pada permukaan cat mobil.


Oleh karena itu, tidak disarankan menggunakan sabun detergen. Hanya saja, jika terpaksa, Anda bisa menggunakan sabun cuci piring.


Usahakan untuk mengoleskan sabun dengan spons lembut pada cat mobil agar tidak tergores.


Jika sudah, bilas dengan air bersih menggunakan tekanan air sedang hingga sabun benar-benar hilang agar nantinya tidak meninggalkan bekas dan tidak menimbulkan noda.


Senyawa Bodi Mobil di Bagian Tertentu

Selain itu, langkah lain yang perlu dan harus Anda coba adalah dengan kompon bodi mobil. Hanya saja, peracikan bodi mobil hanya dilakukan pada bagian-bagian tertentu saja, termasuk khusus pada bagian mobil yang terkena kotoran atau goresan yang memungkinkan kompon menjadi bersih dan tidak terlihat lagi kotoran atau goresan.


Namun, Anda harus berhati-hati saat mencampur mobil. Sebab, jika salah menggunakannya, akan membuat bagian body mobil tertentu menjadi tidak menarik.


Cara ini merupakan cara alternatif untuk melindungi cat mobil jika tergores. Jadi, jika bodi mobil masih bagus dan tidak ada goresan, Anda tidak perlu menggunakan cara kompon mobil seperti ini.


Parkir mobil di tempat teduh

Di sisi lain, cara agar cat mobil awet dan tidak mudah kusam adalah dengan menjaga mobil Anda selalu dalam posisi teduh saat diparkir.


Bukan tanpa alasan, mengingat teriknya sinar matahari dengan sinar UV tentunya akan jauh lebih berpotensi merusak kualitas cat pada mobil Anda.


Apalagi jika mobil panas lalu tiba-tiba hujan. Tentunya akan membuat cat body mobil cepat kusam.


Parahnya lagi, tidak menutup kemungkinan akan terkelupas jika kondisi ini dibiarkan berlanjut.


Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu memarkir mobil di tempat yang teduh. Misalnya di bawah pohon atau di lokasi yang ada naungan untuk mengurangi dampak sinar matahari yang justru dapat merusak kualitas cat mobil itu sendiri.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Cat Mobil agar Tidak Kusam"

SUBSCRIBE FOR EMAIL