Kisah Sukses dan Kebanggaan Ford

Markas Ford berada di Dearborn, Michigan, pinggiran kota Detroit. Ini adalah tempat di mana mantan chief engineer Edison Illuminating Company, bernama Henry Ford mendirikan, "Ford Motor Company", pada 16 Juni 1903 dengan total modal $ 28.000 bersama dengan dua belas investor lainnya. Ilmuwan terkenal Thomas Alva Edison adalah teman baik Henry Ford dan dia mendorongnya untuk melanjutkan ide dan impiannya mendirikan perusahaan mobil yang akan memproduksi mobil sederhana dan terjangkau untuk orang Amerika.




Awalnya hanya dua hingga tiga pekerja yang mengerjakan setiap mobil. Pada tanggal 23 Juli 1903 perusahaan menjual mobil produksi pertamanya, Ford Model A dan Dr. Ernst Pfennig, seorang dokter gigi dari Chicago, menjadi pemilik pertama. Pembuat mobil lain membuat mobil untuk orang kaya tetapi Ford mengembangkan desain dan metode manufaktur yang menurunkan harga Model T, yang memulai debutnya pada tahun 1908 seharga $825. Pada tahun pertama rekor penjualan lebih dari 10.000 mobil dicapai. Empat tahun kemudian harganya turun menjadi $575. Pada tahun 1914 Ford mengklaim 48% pangsa pasar mobil. Mobil itu dijual seperti kue panas. Dengan meningkatnya permintaan, Ford mampu mengurangi waktu perakitan Model T dari 12,5 jam menjadi kurang dari 6 jam. Ford menciptakan sejarah dan menjadi pembuat perubahan di pasar mobil.


Perang Dunia 1 adalah titik balik karena mengubah jalannya sejarah otomotif. Henry Ford mampu meraup keuntungan besar saat itu. Mobil Ford Model T digunakan oleh beberapa tentara untuk tujuan perang. Ini tidak hanya berfungsi sebagai ambulans tetapi juga sebagai truk pengiriman, mobil staf, dan penggerak artileri. Segera setelah Amerika bergabung dalam perang, Ford mulai memproduksi ambulans, truk, van, tank, dan pemburu kapal selam. Pabrik Ford Trafford Park di Manchester memasok pasukan Inggris dengan 30.000 Model T sebagai ambulans dan mengangkut pasukan, air, dan amunisi.


Ketika Perang Dunia II dimulai, ada dorongan dalam ekonomi Ford karena mereka melayani kedua belah pihak. Mereka memproduksi sekitar 2.82.352 Jeep perang pada tahun 1941-1945. Pabrik pengebom Ford di Willow Run, yang terletak di pinggiran Detroit, memproduksi mobil untuk perang dan bukan untuk transportasi umum. Ambulans Ford V3000 digunakan dalam Perang Dunia II oleh Jerman. Ford Jerman membangun total 80.000 truk untuk tentara Jerman selama perang.


Ford tidak membatasi diri untuk memproduksi mobil. Mereka juga memproduksi truk, van dan traktor. Pada tahun 1925 mereka juga memproduksi pesawat terbang. Mereka juga memproduksi beberapa mobil terpenting dalam sejarah mobil selain Ford Model T. Ford 150 Pickup tetap menjadi mobil terlaris selama hampir enam dekade. Ford F-150 SVT Raptor, Lincoln Continental, Ford Thunderbird, Ford Transit, Ford Capri, Ford Escort adalah beberapa mobil Ford terpopuler.


Mesin memainkan peran penting dalam kesuksesan mobil. Ford memproduksi mesin 3, 4, 6, 8, 10 dan 12 silinder hingga saat ini. Beberapa mesin penting yang diproduksi oleh Ford, adalah mesin Ford Model T, mesin Flathead V-8, mesin Cobra Jet, mesin Boss, mesin Ecoboost, dll. Ecoboost 1.0 adalah mesin 3 silinder rancangan Inggris yang telah memenangkan penghargaan dari juri dan pakar industri. Mesin Ecoboost dikembangkan agar lebih hemat bahan bakar, lebih ramah lingkungan dan lebih murah. Ford tidak hanya terkenal karena memproduksi mobil yang indah, tetapi juga karena memproduksi salah satu mesin terbaik dan menciptakan sejarah di pasar mobil yang kompetitif.


Keluarga Ford telah menjadi pemilik perusahaan yang bangga selama lebih dari 100 tahun. Ini adalah salah satu dari sedikit merek terkenal di dunia yang kepemilikannya tetap bersama keluarga pendiri selama lebih dari satu abad. Mereka bangga memproduksi mobil pertama untuk orang biasa dengan mematahkan gagasan bahwa mobil adalah milik orang kaya. Ford selalu memberikan contoh dalam industri otomotif. "$5 hari", adalah hari penting dalam sejarah manusia karena sekitar 10.000 orang mengantri ingin bekerja untuk Ford ketika ada kenaikan gaji $5 per hari. Hal ini berdampak pada masyarakat serta industri otomotif karena tingkat produksi dan kualitas mobil Ford semakin meningkat setelah mengalami peningkatan.


Saat ini pabrik Ford berlokasi di AS, Inggris, Jerman, India, Brasil, Portugal, Argentina, Rusia, Spanyol, dan banyak lagi. Henry Ford dianggap tidak hanya sebagai pembuat mobil, tetapi juga pembuat perubahan yang mengubah nasib industri otomotif.

Tidak ada komentar untuk "Kisah Sukses dan Kebanggaan Ford"

SUBSCRIBE FOR EMAIL