Cara Merawat Rantai Motor agar Tidak Mudah Kendor dan Berkarat

Rantai sepeda motor merupakan elemen penting dalam menunjang pergerakan roda yang membutuhkan perawatan agar performanya tetap berjalan sebagaimana mestinya.

 

Cara Merawat Rantai Motor agar Tidak Mudah Kendor dan Berkarat


Merawat Rantai Sepeda Motor – Merawat dan melakukan perawatan pada setiap komponen pada sepeda motor, tidak harus dilakukan hanya pada saat service rutin saja.


Di sisi lain, Anda sebagai pemilik sepeda motor juga harus memahami cara merawat sepeda motor dengan langkah-langkah yang tepat dalam upaya menjaga performanya.

 

Di antara beberapa komponen penting pada sepeda motor, tentunya merawat rantai sepeda motor merupakan hal wajib yang harus mendapat perhatian bagi setiap pemiliknya.


Bukan tanpa alasan, apalagi pada motor bertransmisi manual, sistem penggerak ban adalah rantai itu sendiri.


Jadi kalau rantai bermasalah, motor tidak bisa jalan karena roda tidak bisa bergerak karena rantai bermasalah.


Apalagi jika rantai sudah mulai menunjukkan gejala korosi (karat) dan sudah mulai kendor akibat intensitas penggunaan sepeda motor.


Dari sini jelas bahwa menjaga performa dan kondisi rantai pada motor merupakan salah satu hal yang sangat wajib.


Lalu, bagaimana langkah yang tepat dalam menjaga kondisi rantai sepeda motor? Jangan bingung teman-teman.


Pasalnya, melalui segmen pembahasan otomotif kali ini, Mas Sena akan membagikan tips cara merawat rantai sepeda motor agar tidak berkarat dan tidak kendor tentunya.


Tips Perawatan Rantai Sepeda Motor


Bagi anda yang ingin menjaga performa sepeda motor tentunya perlu selalu menjaga dan memastikan kondisi rantai dalam kondisi normal dan layak untuk dioperasikan. Berikut beberapa upaya yang perlu Anda lakukan untuk menjaga performa rantai sepeda motor.


Rantai Gigi Dan Perawatan Sepeda Motor


Rajin Melumasi Gear dan Rantai Sepeda Motor

Langkah pertama yang benar-benar perlu Anda lakukan adalah melumasi roda gigi dan rantai sepeda motor secara rutin.


Bukan tanpa alasan, mengingat selalu menjaga rantai sepeda motor terlumasi dengan pelumas tentunya akan berdampak positif pada ketahanan rantai.


Dimana, manfaat pemberian pelumas pada rantai motor ini adalah untuk menjaga kondisi rantai dan roda gigi tetap basah.


Sebab, jika kondisinya kering dan kotor, rantai bisa rusak, terkikis korosi, dan putus. Hal ini tentu membahayakan keselamatan Anda saat berkendara.


Namun yang perlu Anda perhatikan dengan baik adalah oli pelumas rantai yang digunakan haruslah pelumas khusus rantai motor.


Bukan tanpa alasan, mengingat dalam hal ini, cairan pelumas rantai mengandung bahan kimia yang mencegah rantai cepat aus dan mencegah debu yang berlebihan menempel padanya.


Sebab, jika menggunakan oli bekas akan membuat rantai mudah rusak, terutama korosi akibat pelumasan oli mesin bekas.


Bersihkan Rantai dan Gear Secara Rutin dengan Benar


Tidak bisa dipungkiri bahwa peran roda gigi sangat erat kaitannya dengan rantai motor itu sendiri. Sebab, roda gigi berfungsi untuk memutar roda motor yang digerakkan melalui rantai agar motor bisa berjalan saat digas.


Karena memiliki peran dan fungsi yang sangat penting, maka gear motor dan rantai disini harus selalu dijaga kebersihannya. Mengingat hal ini berpotensi menimbulkan debu yang akan memicu adanya kotoran yang menempel dan sulit dihilangkan.

Tidak ada komentar untuk "Cara Merawat Rantai Motor agar Tidak Mudah Kendor dan Berkarat"

SUBSCRIBE FOR EMAIL