Cara mengenali tanda rantai motor rusak

Sebagai komponen penting tentunya ada umur rantai pada motor. Terkait dengan hal tersebut, ada beberapa ciri atau gejala yang menunjukkan adanya kerusakan pada rantai sepeda motor.


Cara mengenali tanda rantai motor rusak


Tanda-Tanda Rantai Motor Rusak – Rantai pada kendaraan bermotor tentunya memiliki masa pakai. Namun, periode penggunaan bisa lebih lama dan bertahan lebih lama jika perawatan yang tepat diambil.


Dimana dalam hal perawatan sepeda motor tentunya perawatan rantai sepeda motor menjadi tanggung jawab setiap pengguna kendaraan roda dua ini.

 

Apalagi jika intensitas penggunaan motor tinggi, tentunya rantai juga membutuhkan perawatan untuk menjaga kualitas dan daya tahannya.


Salah satu aspek dalam proses perawatan adalah mengenali ciri atau tanda rantai sepeda motor yang rusak sebagai langkah awal untuk mencegah kerusakan rantai lebih lanjut.


Yang mana pada umumnya gejala kerusakan rantai sepeda motor juga sering tidak disadari oleh banyak orang. Sehingga tak jarang beberapa pemilik sepeda motor mengeluhkan masalah yang muncul pada rantai.


Oleh karena itu, dengan memahami ciri-ciri kerusakan rantai pada sepeda motor, tentunya Anda bisa lebih waspada dan melakukan tindakan pencegahan.


Berikut ini admin akan membeberkan berbagai ciri-ciri yang menjadi tanda rantai motor rusak. Apakah mereka? Yuk simak ulasan lengkapnya bersama-sama.


Tanda-tanda Kerusakan Rantai Sepeda Motor


Ada beberapa gejala yang muncul jika rantai pada sepeda motor mulai putus yang mengharuskan pengguna untuk menggantinya. Berikut ciri-cirinya.


Penampilan Permukaan Keausan Rantai


Pertama, ciri-ciri jika rantai sudah mulai diganti bisa dilihat dari permukaan rantai sepeda motor.


Dimana, umumnya rantai yang sudah mulai terlihat aus tentunya menjadi indikasi bahwa rantai pada motor harus diganti dengan yang baru.

 

Sebab, jika kondisi permukaan rantai sudah aus, maka cengkeraman rantai dengan roda gigi akan berkurang.


Kondisi seperti itu tentunya akan berdampak pada performa akselerasi motor. Yang menyebabkan putaran roda menjadi tidak normal sebagaimana mestinya.


Jadi, selalu pastikan untuk memeriksa kondisi permukaan rantai pada sepeda motor untuk memastikan bahwa permukaannya normal atau aus.


Jika sudah aus, sebaiknya ganti rantai dengan yang baru. Tentunya pilihlah rantai yang memiliki kualitas unggul agar kedepannya lebih awet atau tahan lama.


Permukaan Gigi Talang (Aus)


Selain permukaan rantai, Anda juga perlu memeriksa roda gigi rantai di area permukaan untuk mengetahui kondisinya.


Jika permukaan rantai roda gigi sudah mulai aus begitu juga dengan permukaan rantai, maka sebaiknya segera ganti dengan yang baru.


Atau, jika belum sempat, Anda bisa menambahkan cairan oli khusus rantai untuk memperlancar gerak roda saat rantai sepeda motor bergerak.


Di satu sisi, Anda juga harus memahami bahwa selain motor gir yang aus, umumnya jarak antara mata yang satu dengan mata yang lain tidak dalam kondisi yang tepat.


Kondisi ini menjadi tanda bahwa sudah saatnya Anda mengganti gigi rantai pada sepeda motor Anda.


Biasanya indikasi permukaan chain gear yang terkelupas ini akan berdampak pada gesekan yang kemudian benar-benar tidak merata atau presisi dengan sistem drive chain.


Tidak berhenti sampai di situ, bahkan jika mulai memburuk akan memicu kondisi suara yang bising saat rantai mulai berputar.


Kebisingan Muncul Saat Mengemudi Lambat


Jika Anda pernah mendengar suara bising saat motor Anda berjalan dengan kecepatan rendah, itu bisa menjadi indikasi adanya kerusakan pada rangkaian rantai motor.


Suara yang berasal dari area bawah motor seperti ini berpotensi terpicu karena kondisi rantai pada motor sudah mulai kendor lalu bergesekan dengan permukaan komponen lainnya.


Dengan demikian, gesekan yang terjadi juga menjadi sumber kebisingan saat motor melaju dengan kecepatan rendah.


Umumnya kondisi rantai motor seperti ini menandakan bahwa posisi rantai sudah mulai kendor atau kendor antara satu mata rantai dengan mata rantai lainnya.


Jika kondisi ini dibiarkan, kerusakan akan semakin parah mengingat kondisi ini merupakan gejala awal rantai sepeda motor mulai tidak bisa digunakan dan mengharuskan Anda untuk menggantinya dengan rantai sepeda motor yang baru.


Rantai Mudah Longgar dan Tidak Benar


Kemudian, tanda kerusakan rantai motor lainnya yang perlu Anda pahami adalah kondisi rantai mulai kendor dan pemasangannya sulit.


Jika dikencangkan terlalu kencang. Namun, ketika dilonggarkan, itu sangat longgar.

Tidak ada komentar untuk "Cara mengenali tanda rantai motor rusak "

SUBSCRIBE FOR EMAIL