Berapa Lama Mesin Mobil Bisa Berjalan Tanpa Oli Sebelum Rusak?

Jawaban singkatnya adalah, mobil Anda tidak akan berjalan lebih dari 15 menit tanpa oli mesin sebelum terjadi kerusakan serius pada komponen mesin. Tidak adanya pelumasan yang tepat dapat menyebabkan bagian logam di mesin bergesekan satu sama lain. Dalam beberapa menit, mesin akan rusak secara permanen. Mari kita cari tahu lebih lanjut.




Pentingnya perawatan rutin tidak dapat disangkal. Mobil Anda bergantung pada komponen mekanis serta cairan pendingin dan oli agar berjalan dengan baik. Oleh karena itu, mengganti oli tepat waktu sangat penting.


Jika tidak ada oli di mobil Anda, proses pembakaran internal akan berlanjut beberapa saat sebelum mesin mati dengan sendirinya. Bahkan jika Anda tidak menjalankan mobil Anda lebih lama, mesin bisa mati.


Oleh karena itu, bukanlah ide yang baik untuk menguras oli mesin Anda untuk melihat apa yang terjadi kecuali Anda akan mengganti mesin. Jika mesin dirawat dengan benar, mesin mungkin akan bekerja sedikit lebih lama sebelum Anda melihat kepulan asap besar keluar dari bawah kap mesin. Itu semua tergantung pada bagian mana yang gagal terlebih dahulu.


Oli Mesin Rendah


Jika Anda ingin mencegah kerusakan yang disebabkan oleh oli rendah, Anda harus memperhatikan beberapa tanda umum oli mesin rendah. Tanda-tanda ini akan membantu Anda memastikan mobil Anda mendapatkan perhatian yang dibutuhkan sehingga kerusakan dapat dicegah.


Mobil Anda memiliki ratusan bagian yang bergerak. Mereka semua bergesekan satu sama lain segera setelah Anda menghidupkan mesin. Peran oli adalah untuk melumasi semua bagian ini tanpa terlalu banyak gesekan yang tidak diinginkan. Plus, minyak dapat membantu menyebarkan panas lebih cepat.


Idenya adalah untuk memastikan bahwa bagian-bagian mesin tidak memanas dan terus bekerja. Ketika aliran oli tidak mencukupi, Anda harus mengambil tindakan yang tepat untuk mencegah kerusakan. Diberikan di bawah ini adalah beberapa gejala umum yang harus Anda waspadai:


Lampu peringatan


Pertama-tama, Anda harus memeriksa lampu peringatan. Jika lampu peringatan menyala, periksa oli untuk memastikan ada cukup oli di ruang oli.


Bau minyak terbakar


Jika Anda mencium bau oli terbakar, Anda harus menepi dan mematikan mesin. Dalam kebanyakan kasus, oli menetes ke bagian mesin yang panas, menyebabkan bau oli terbakar. Dalam hal ini, biarkan mobil Anda dingin selama beberapa menit sebelum Anda memeriksa level oli. Jika level oli rendah, Anda dapat mengisinya dengan oli baru dan terus mengemudi.


Suara denting


Jika Anda memiliki tingkat oli yang rendah di mesin, itu berhenti melumasi bagian-bagian mesin yang vital. Ini adalah titik ketika bagian-bagian ini menghasilkan suara gerinda. Akibatnya, tongkat bisa rusak dan menghasilkan suara ketukan di bawah kap.


Ini adalah salah satu tanda utama mesin Anda gagal. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengganti oli tepat waktu dan waspada terhadap suara-suara aneh saat mengemudikan mobil Anda.


Singkatnya, berikut beberapa tanda yang harus Anda waspadai jika tidak ingin mesin mobil Anda rusak akibat kadar oli mesin rendah.

Tidak ada komentar untuk "Berapa Lama Mesin Mobil Bisa Berjalan Tanpa Oli Sebelum Rusak?"

SUBSCRIBE FOR EMAIL