Sejarah Musik Elektronik dan Pendukung Modern Terbaik Saat Ini!

Sejarah musik elektronik mendahului era rock and roll beberapa dekade. Sebagian besar dari kita bahkan tidak berada di planet ini ketika ia memulai perkembangannya yang sering tidak jelas, kurang dihargai, dan disalahpahami. Saat ini, kumpulan suara-suara 'duniawi lain' yang dimulai hampir seabad yang lalu, mungkin tidak lagi tampak aneh dan unik karena generasi baru telah menerima sebagian besar sebagai arus utama, tetapi memiliki jalan yang bergelombang dan, dalam menemukan penerimaan massal, lambat.




Banyak musisi - pendukung musik elektronik modern - mengembangkan minat pada synthesizer analog pada akhir 1970-an dan awal 1980-an dengan lagu-lagu khas seperti terobosan Gary Numan, 'Are Friends Electric?'. Di era inilah perangkat ini menjadi lebih kecil, lebih mudah diakses, lebih ramah pengguna, dan lebih terjangkau bagi banyak dari kita. Dalam artikel ini saya akan mencoba menelusuri sejarah ini dalam bab-bab yang mudah dicerna dan menawarkan contoh pendukung modern terbaik di zaman kita.


Menurut saya, ini adalah awal dari zaman baru. Untuk membuat musik elektronik, tidak perlu lagi memiliki akses ke ruangan yang dipenuhi teknologi di studio atau live. Hingga saat ini, ini hanyalah domain seniman seperti Kraftwerk, yang gudang elektronik dan gadgetnya hanya dapat diimpikan oleh kita semua, meskipun kita dapat memahami logistik dari fungsi mereka. Karena itu, pada saat saya tumbuh di tahun 60-an & 70-an, saya masih memiliki sedikit pengetahuan tentang kompleksitas pekerjaan yang telah menjadi standar dalam beberapa dekade sebelumnya untuk sampai pada titik ini.


Pergantian abad ke-20


Waktu berhenti untuk para pengamat bintang ini ketika saya awalnya menemukan bahwa konser pertama yang didokumentasikan, secara eksklusif elektronik, tidak ada pada 1970-an atau 1980-an tetapi pada 1920-an!


Alat musik elektronik murni pertama, Theremin, dimainkan tanpa sentuhan, ditemukan oleh ilmuwan dan pemain cello Rusia, Lev Termen (1896-1993), sekitar tahun 1919.


Pada tahun 1924, Theremin melakukan debut konsernya dengan Leningrad Philharmonic. Minat yang dihasilkan oleh theremin menarik penonton ke konser yang dipentaskan di seluruh Eropa dan Inggris. Pada tahun 1930, Carnegie Hall yang bergengsi di New York menyaksikan pertunjukan musik klasik hanya menggunakan sepuluh set. Menyaksikan sejumlah musisi terampil memainkan gelombang instrumen yang terdengar menakutkan di sekitar antena mereka pasti akan menggembirakan, nyata dan asing bagi penonton pra-teknologi!


Bagi yang berminat, lihat kaset dari virtuoso Theremin Clara Rockmore (1911-1998). Rockmore (Reisenberg) kelahiran Lithuania bekerja dengan para penemunya di New York untuk menyempurnakan instrumen selama tahun-tahun awalnya dan menjadi pemain dan perwakilan paling terkenal, brilian dan terkenal sepanjang hidupnya.


Dalam retrospeksi Clara, adalah 'bintang' pertama dari musik elektronik asli yang terkenal. Anda mungkin tidak akan menemukan pertunjukan musik klasik yang lebih menakutkan tetapi lebih menakutkan di Theremin. Dia pasti favoritku!


Musik Elektronik dalam Fiksi Ilmiah, Bioskop, dan Televisi


Sayangnya, dan terutama karena kesulitan dalam menguasai keterampilan, masa depan Theremin sebagai alat musik berumur pendek. Akhirnya, dia menemukan ceruk di film Sci-Fi tahun 1950-an. Film klasik 1951 "The Day the Earth Stood Still", dengan soundtrack oleh komposer musik film Amerika yang berpengaruh Bernard Hermann (dikenal sebagai "Psycho" karya Alfred Hitchcock, dll.), Kaya akan menciptakan musik 'luar angkasa' menggunakan dua Theremins dan satu perangkat. . elektronik lainnya. dikombinasikan dengan instrumentasi akustik.


Menggunakan teknologi osilator tabung hampa Theremin, pemain cello Prancis dan telegraf radio Maurice Martenot (1898-1980), mulai mengembangkan Ondes Martenot (dalam bahasa Prancis, dikenal sebagai Gelombang Martenot) pada tahun 1928.


Menggunakan keyboard standar dan familiar yang dapat dikuasai dengan mudah oleh seorang musisi, instrumen Martenot berhasil ketika Theremin gagal untuk menjadi user-friendly. Faktanya, itu adalah alat elektronik pertama yang komposer dan orkestra berhasil digunakan pada masanya hingga saat ini.

Tidak ada komentar untuk "Sejarah Musik Elektronik dan Pendukung Modern Terbaik Saat Ini!"

SUBSCRIBE FOR EMAIL