Cara Reparasi Peralatan Elektronik

Jika Anda tidak memiliki hasrat untuk elektronik, saya pikir Anda akan menemukan artikel ini membosankan dan berhenti begitu saya mengirimkannya kepada Anda. Saya harap Anda tidak melakukannya karena saya pikir Anda menyukai elektronik, jika tidak, Anda tidak akan berlangganan untuk menjadi anggota ERG.




Pertama, Anda harus tahu cara menguji dan mengukur komponen elektronik. Tidak ada gunanya bagi Anda meskipun Anda dapat mengidentifikasi sirkuit yang rusak pada peralatan jika Anda tidak tahu cara memeriksa dan mengukur komponen elektronik dasar. Dengan asumsi Anda telah menemukan bahwa bagian vertikal dari salah satu garis horizontal di layar bertanggung jawab, tetapi karena Anda lemah dalam pengujian komponen elektronik, pemeriksaan tegangan atau bahkan pemeriksaan ruang lingkup, persentase kemampuan Anda untuk memperbaiki Monitor tidak akan tinggi Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda harus dapat menguji dan mengecek komponen elektronika secara akurat dengan melakukan banyak praktikum dan membaca lebih banyak informasi mengenai komponen elektronika baik dari buku reparasi maupun dari internet. Anda harus lulus tes ini terlebih dahulu sebelum melangkah lebih jauh.


Kedua, apa pun jenis peralatan elektronik yang Anda perbaiki, itu akan selalu dimulai dengan "cara kerja elektronik". Jika Anda tidak tahu cara kerja peralatan atau cara kerja peralatan, Anda akan kehilangan uang dan mungkin tidak dapat memperbaikinya sama sekali. Lihatlah contoh ini, jika masalah Monitor ada di bagian horizontal dan Anda menyimpulkan bahwa masalahnya ada di bagian vertikal, Anda akan kehilangan banyak waktu untuk mencoba menemukan bagian yang salah di mana penyebab sebenarnya dari masalah tersebut. bagian horizontal. Dengan kata lain, jika Anda tidak mengetahui cara kerja peralatan elektronik, Anda tidak akan tahu di mana Anda ingin memulai perbaikan.


Skenario ini sangat umum terjadi pada pemula yang baru memulai di bidang perbaikan. Untuk mengatasi masalah ini, bawa kembali papan elektronik ke rumah atau di mana pun Anda merasa nyaman di mana Anda dapat menganalisis sirkuit elektronik secara perlahan. Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan ini seperti "mengapa papan ini perlu memiliki optocoupler di catu daya"? Apa fungsi dari optoisolator untuk tegangan lebih atau proteksi arus lebih dll.? Berapakah nomor bagian dari optoisolator? Apa isi dari optoisolator ini dan bagaimana cara mengujinya untuk melihat apakah itu baik atau buruk? Apa yang akan terjadi jika optoisolator mengalami korsleting? Apakah itu akan menyebabkan catu daya mati, menghasilkan daya rendah atau bahkan daya flash?


Harap Anda mengerti apa yang saya maksud. Dengan mengajukan pertanyaan sendiri, Anda sebenarnya melatih pikiran Anda untuk memahami lebih banyak tentang elektronik (dalam kasus di atas ini adalah optoisolator). Gunakan metode ini di bagian lain sirkuit di papan dan saya yakin suatu hari Anda pasti akan benar-benar memahami peralatan elektronik yang Anda coba perbaiki. Jika Anda tidak dapat menemukan jawabannya, lihat e-book, forum perbaikan elektronik, atau cukup cari di internet dari mesin pencari yang berbeda (kami memiliki google.com, yahoo.com, msn.com, ask.com, dll. ) untuk mendapatkan jawaban. Apa yang kamu inginkan. .


Ketiga, Anda memerlukan diagram skematik untuk mendukung apa yang Anda coba pahami tentang peralatan elektronik. Jika Anda ingin memahami cara kerja Monitor LCD maka Anda harus membeli atau mengunduh diagram skema Monitor LCD gratis dan mulai mempraktikkan cara kerja setiap rangkaian. Bagilah rangkaian menjadi beberapa bagian sehingga kita memiliki bagian untuk catu daya, inverter, panel LCD, mainboard, dll. Pelajari dan pahami masing-masing set ini dan mulailah mengajukan pertanyaan seperti dijelaskan di atas. Demikian juga contoh ini berlaku untuk Anda jika Anda ingin memperbaiki TV Plasma atau LCD atau peralatan elektronik lainnya.


Keempat, berinvestasilah pada Anda - Investasikan pada diri Anda sendiri. Perhatikan bahwa aturan pertama berinvestasi bukanlah "berinvestasi dalam bisnis Anda" atau apa pun selain diri Anda sendiri. Meskipun penting untuk berinvestasi dan berinvestasi kembali dalam bisnis perbaikan Anda, berinvestasi pada diri Anda sendiri adalah prioritas pertama Anda dalam berinvestasi. 

Tidak ada komentar untuk "Cara Reparasi Peralatan Elektronik"

SUBSCRIBE FOR EMAIL